Karena menulis adalah kebutuhan?

27 Aug 2013

Membaca tulisan dari blog orang yang saya gak (baca: belum) kenal, tentang menulis adalah suatu kebutuhan sebagaimana kita perlu makan dan minum ataupun buang air kecil atau besar atau ya kecil ya besar juga, sedikit banyak aku setuju dengan hal ini. Menulis melatih kemampuan berbahasa (tentu secara tulisan) kita sehingga menulis tidak hanya bisa berguna buat orang lain, menulis juga utamanya melatih kita menyampaikan suatu hal atau ide secara terstruktur dan mudah dimengerti.

Selain itu, menulis juga bisa jadi pengingat kita di suatu saat di masa depan akan apa yang telah terjadi di masa lalu. Terbawa suasana, bisa jadi kadang kita bisa ketawa sendiri atau kagum terhadap tulisan sendiri ketika membaca tulisan yang telah lalu. Hal ini yang kemarin sempat menjadi topik pembicaraan dengan teman sekaligus rekan diskusi ku si farid yang juga lagi dapat kerjaan di sekitar area yogyakarta. “Kamu suka jalan-jalan, kamera dan alat untuk menulis juga punya, kenapa kamu gak menuliskan aja semua perjalananmu itu?” celetuknya ketika lagi di depan laptop, sambil membuka file-file PDF koleksi nya (katanya didapat dari seorang teman), berisi review tulisan dan gambar tempat-tempat wisata dari seluruh Indonesia. Hmmmm, what an idea!! tapi berhubung aku ini tipe orang yang hobi ngeles jadi ya aku jawab, “Sebenarnya aku punya blog, rid yang aku suka tulis tentang apapun, tapi memang seringkali tulisannya ga penting” ha ha ha ha ha..

Mungkin setelah ini aku akan mencoba cari-cari contoh tulisan dan layout yang baik untuk menuliskan pengalaman perjalanan dalam bentuk PDF. ha ha ha ha ha ha,, menggumamkan ide-ide memang begitu mudah tetapi seringkali butuh ribuan tekad membara untuk mewujudkannya.


TAGS menulis traveling writing PDF layout


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post